Jakarta VS Singapura

Jakarta

Geografi dan Demografi

Jakarta dengan jumlah penduduk mencapai 10 juta tahun 2013, Jakarta memiliki luas sekitar 740,3 km2. Jakarta dikenal sebagai kota urbanisasi, pada siang hari diperkirakan penduduknya bertambah menjadi 2 – 3 juta orang yang sebagian merupakan kaum komuter yang bertempat tinggal di wilayah penyangga Jakarta (Tangerang, Bekasi, dan Bogor). Keterkaitan Jakarta dengan wilayah penyangganya, yang disebut sebagai Greater Jakarta yang berpenduduk sekitar 28 juta jiwa, menjadikannya sebagai metropolitan terbesar di Asia Tenggara atau urutan kedua di dunia.

Polulasi Jakarta sebagian besar merupakan pendatang yang pluralis, terdiri dari suku bangsa Jawa, Betawi, Sunda, Tionghoa, Batak, Minang, Melayu, dan lainnya.

Singapura

Geografi dan Demografi

Singapura terdiri dari 63 pulau, termasuk daratan Singapura. Pulau utama sering disebut Pulau Singapura, secara resmi disebut Pulau Ujong [Melayu: pulau di ujung daratan/semenanjung]. Singapura memiliki banyak proyek reklamasi, dengan tanah yang diperoleh dari bukit, dasar laut, dan negara tetangga. Hasilnya, daratan Singapura meluas dari 581,5 km2 pada 1960-an, menjadi 710 km2, dan akan bertambah hingga 100 km2 pada 2030.

Sekitar 42% penduduk Singapura adalah warga asing. Jumlah penduduk Singapura pada 2013 sebanyak 5,4 juta jiwa, 3,73 juta jiwa di antaranya merupakan warga negara dan penduduk tetap Singapura (Singapore Residents). Penduduk Singapura di dominasi orang Cina, Melayu, dan India.

Baca Selengkapnya di www.propertyandthecity.com

Rabu,25/2/2015